Gerakan 3R Untuk Keselamatan Bumi

Gerakan 3R Untuk Keselamatan Bumi

Masih Dengan Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia Marilah kita Membiasakan Memakai Kertas Daur Ulang Dan Memelihara Kelestarian Hutan Dan Melakukan Gerakan 3R,Yaitu:

Reduce
Mengurangi sampah banyak caranya. Jika kita suka beli minuman segar di pinggir jalan, misalnya, usahakanlah beli kemasan botol kaca, daripada botol plastik atau karton. Membeli isi ulang suatu produk seperti sabun cair juga merupakan salah satu langkah bijak, tuh. Bungkus refill tersebut nantinya bisa diolah kembali jadi benda lain. Lagipula, harga isi ulangnya pasti lebih murah.

Bila ingin membeli suatu produk yang tersedia dalam beberapa ukuran, usahakan membeli dalam ukuran lebih besar. Contohnya, nih, mendingan kita membeli satu kotak besar biskuit daripada dua atau tiga bungkus kecil biskuit, sehingga nggak bakal ada tumpukan sampah baru.

Reuse
Masih menyimpan setumpuk kertas yang hanya dipakai satu sisi? Jangan dibuang, dong. Gunakan kertas tersebut untuk mencatat hal-hal kecil sehingga kita nggak boros sampah kertas. Atau bisa juga kertas tersebut kita gunting kecil-kecil dan jadikan sebagai kertas memo.

Recycle
Kegiatan yang satu ini memang butuh kreativitas, karena kita kudu mengolah sampah atau benda tak terpakai menjadi benda baru yang berguna. Dari karton atau kardus bekas, kita bisa menghasilkan bingkai foto yang cantik. Plastik kemasan deterjen, permen atau snack bekas bisa jadi tas. Kita bisa menempel benda-benda tersebut di atas kain atau bahan tas.

Artikel Terkait:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s