Tentang Sesuatu Bernama Obsesi….

Banyak orang bilang ngakk masuk akal. Tapi, kok ya kepengen banget?! Dan, nggak tau dari mana, pokoknya perasaan super yakin bisa meraihnya. Upffff, apakah ini tanda-tanda gokil?

Eits, tenaaang…. Jangan langsung mikir yang aneh-aneh dulu, brur. Soalnya, disadari atau enggak, setiap orang pasti punya (minimal pernah punyalah!) sebuah obsesi.

Obsesi?

Yoi. Obsesi kalo dijelasin dari sudut pandang ilmu psikologi adalah sebuah ide atau gagasan yang muncul dari harapan, khayalan, atau imajinasi, dengan intensitas yang luar biasa, hingga mempengaruhi mental dan emosi kita.  Jadi, ketika ide atau gagasan tersebut muncul, setiap saat jadi kepikiran… kepikiran…., dan tambah kepikiran!

Nah, ngomong-ngomong soal obsesi, sampe sekarang orang yang punya obsesi masih sering dianggap nggak normal. Pasalnya, Sebagian besar dari kita kadang punya persepsi yang negatif terhadap obsesi. Obsesi dianggap sebagai sesuatu yang nggak rasional yang ujung-ujungnya bikin orang jadi…. “Gokil”!!!

Well, nggak bisa disalahin juga sih karena kadang ide atau gagasan yang muncul emang suka ajaib dan ngaak masuk akal. Misalnya, pengen pergi ke bulan naik helikopter. Atau, pengen mengitari bumi dengan cara berenang di lautan lepas tanpa henti. Waaa, kalo bukan karena otaknya udah miring 180 derajat, pasti karena otaknya udah terbalik 360 derajat tuh!

Toh, ini tetep bukan harga mati. Obsesi bisa juga masuk akal, Cuma aja mungkin terkesan terlalu jauh buat dikejar . contoh, ngebet banget pengen jadi artis papan atas. Sementara, selama ini sma sekali nggak pernah berkecimpung di dunia entertainment  (atau berkecimpung di dunia yang deket deket ddengan dunia entertainment), plus ngaak pernah tau link buat jadi artis serta nggak punya modal (skill, fisik, dll) buat jadi artis. Parah kan? Tapi, itungannya ya ngaak mustahil juga!

Pertanyaan berikutnya obsesi sebenarnya berdampak baik atau buruk yee?

Jawabannya bisa dua-duanya, jack. Di satu sisi, obsesi biasanya membuat adrenalin terpacu hingga melejitkan semangat sampe ke titik puncak, lalu diikuti timbulnya dorongan yang besar dari dalam diri untuk berusaha sekuat tenaga. Ini dampak yang baik bukan? Sebab, yang  sering terjadi biasanya orang Cuma kepengen-kepengen doang tanpa diimbangi dengan usaha yang kenceng

Tapi, disatu sisi obsesi juga berpotensi bikin seseorang jadi self center. Terlalu yakin dengan kemampuan diri sendiri. Nggak mau nerima masukan dari orang lain, lalu ngerasa nggak butuh bantuan orang lain sama sekali. Karena itu, yang bersangkutan seolah melepaskan diri dari lingkungan dan hidup dalam dunianya sendiri.

Dampak buruk lainnya, obsesi bisa membuat mental dan emosi kacau balau bikin diri jadi lose control abis-abisan! Nggak punya punya kebesaran hati buat nerima kegagalan, lose control dalam berpikir (khayalan atau imajinasinya bener-bener kelewatan!), terus lose control juga dalam bertingkah laku (nggak bisa menghargai orang lain yang “menentang” obsesinya sebagai musuh, melakukan tindakan yang agresif dan nggak lazim secara berulang-ulang, dll.)

So, kesimpulannya punya obsesi itu nggak salah. Dan, punya obsesi bukan berarti nggak normal. Dengan catatan kalo punya obsesi yang semakin tinggi, harusnya kita pun makin nggak boleh meninggalkan logika dan makin kuat menjejak bumi!

#dari berbagai sumber

Artikel Terkait:

8 responses to “Tentang Sesuatu Bernama Obsesi….

  1. Obsesi sama pantasi sama gak? Klu beda, gmna membedakan obsesi sex dgn pantasi sex?. Apakah kalau pantasi sex orang itu tinggi bisa dikatakan hifersex?

    • beda sih dari ngejanya saja beda he…he…he..😀.(serius) menurut KBBI ambisi adalah keinginan (hasrat, nafsu) yg besar untuk menjadi (memperoleh, mencapai) sesuatu (spt pangkat, kedudukan) atau melakukan sesuatu sedangkan obsesi adalah gangguan jiwa berupa pikiran yg selalu menggoda seseorang dan sangat sukar dihilangkan. tetapi kesamaannya bisa buat orang jadi gokil kalau kita tidak sabar-sabar😦. saran ane adalah kita orang hargailah proses, ketimbang hanya mengutamakan hasil akhir

      • tapi jaman sekarang , orang ga mau tau prosesnya , mau jujur mau kagak yg penting hasilnya -,-a

        eh saya kaget buka blog ini ada lagunya , berasa masuk ke cafe😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s