Daftar Momen Tahun Baru

Sekarang sudah memasuki di tahun baru 2012 Masehi dan 1433 Hijriah dalam penanggalan  kita,tetapi anda tahu gak bahwa ada momen tahun baru yang diperingati oleh beberapa kultur masyarakat. Memang Tahun Baru bisa dibilang momen yang paling ditunggu-tunggu. Selain dianggap dari sebuah perubahan, juga lantaran adanya perayaan yang bersifat khusus. Padahal momen Tahun Tahun baru ternyata bisa dirayain berkali-kali dalam setahun. Loh kok bisa ?! lihat faktanya di bawah ini.

  • Tahun Baru Masehi

Jatuh pada tanggal 1 januari pada sistem penanggalan masehi (Kalender Gregorian). Tahun baru ini disepakati nyaris oleh setiap negara di dunia.

  • Tahun Baru Islam

Jatuh pada tanggal 1 Muharram pada sistem penanggalan islam yang perhitungannya berdasarkan 12 kali terjadinya bulan purnama (lunar month). Dengan begitu masa 1 tahun terdiri dari 354 hari, dan tahun berunya selalu maju 11 hari pada sistem penanggalan masehi.

  • Tahun Baru Julian

Tahun baru yang diperingati oleh penganut Ortodoks di Eropa Timur (Georgia,Jerusalem,Serbia, dan Rusia). Masuknya tahun baru yang di hitung berdasar sistem penanggalan Julian (Romawi Kuno) jatuh setiap tanggal 14 Januari pada sistem kalender masehi.

  •  Tahun Baru Sinhalese

Tahun baru Srilanka yang jatuh pada bulan April di sistem penaggalan masehi. Tahun baru yang cukup unik lantaran kapan waktu pastinya ditentukan oleh ahli astrologi. Makanya pergantian tahun kemungkinan nggak selalu terjadi pada tengah malam, atau saat pergantian hari.

  • Tahun Baru Vietnam (Tết Nguyên Đán)

Pada bahasa asli, pengertian harafiahnya adalah Perayaan Hari Pertama. Kerap diperingati bersamaan saat tahun baru Cina.

  • Tahun Baru Iran (Norouz)

Diperingati di negara-negara yang terdapat penganut Zoroastrianism (ajaran yang disebarkan pendeta Persia, Zoroaster, antara abad 18 dan 6 SM), seperti Iran,Azerbaijan,Afghanistan,India,Turki,Zanzibar,Albania,Tajikistan, Kazakhstan, Turkmenistan, Uzbekistan, Kyrgyzstan, dan Kazakhstan. Jatuh pada tanggal 20 atau 21 Maret pada sistem penanggalan masehi, atau bertepatan dengan perkiraan permulaan musim semi.

  • Tahun Baru Losar

Diperingati di negeri Tibet. Tahun Baru ini jatuh antara bulan Januari dan Februari pada sistem penanggalan masehi, serta berlangsung selama 15 hari.

  • Tahun Baru Tamil

Diperingati pada tanggal 13 atau 14 April pada sistem penanggalan masehi. Merupakan momen penting pada masyarakat Tamil di India Selatan.

  • Tahun Baru Kamboja

Dalam bahasa Khmer disebut Chaul Chnam Thmey. Adalah momen perayaan berakhirnya masa panen. Biasanya jatuh pada tanggal 13 April dan dirayakan selama 13 hari berturut-turut.

Kalo ada yang maniac tahun baruan, kalian bisa deh ikutan semua perayaan yang disebutkan diatas he…he…he…,dan Semoga bisa menambah wawasan teman-teman semua🙂.

Artikel Terkait:

One response to “Daftar Momen Tahun Baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s